Persiapan Saat Mendaftarkan Merek di Jasa Pendaftaran Merek

Mengingat betapa krusialnya fungsi hak merek untuk perlindungan hukum, maka sudah seharusnya Anda segera mengajukan permohonan di jasa pendaftaran merek. Namun sebelum daftar ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar tidak ada yang terlewatkan. Apa saja itu?

Hal-hal yang Dipersiapkan oleh Jasa Pendaftaran Merek

Cara mendaftarkan merek di jasa pendaftaran merek bukan hal yang sulit. Hanya saja butuh waktu sedikit lama hingga berhari-hari dan butuh persiapan yang matang. Berikut ini hal-hal yang harus anda siapkan jika ingin mengajukan permohonan hak merek di Dirjen HKI, yaitu:

  • Dokumen

Dokumen menjadi hal pertama yang harus Anda siapkan saat ingin mengajukan permohonan hak merek. Karena tanpa dokumen maka permohonan yang diajukan tidak bisa diproses untuk mendapatkan sertifikat.

Dokumen yang harus disiapkan terdiri dari KTP, etiket logo, surat pernyataan kepemilikan merek, dan surat kuasa apabila mendaftarkannya melalui pihak ketiga. Jika atas nama perusahaan maka harus melampirkan akta notaris pendirian perusahaan, surat keterangan domisili, KTP pengurus.

  • Biaya

Mengurus surat penting seperti hak merek ini tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Selain biaya untuk menyiapkan dokumen dan transportasi, biaya jasa konsultasi dan administrasi juga harus disiapkan. Untuk besaran biaya sendiri ada perbedaan antara UMK dan non UMK.

Biaya administrasi berkisar Rp500.000,00 hingga Rp600.000,00. Sedangkan untuk biaya pengurusan bisa mencapai Rp4.000.000,00

  • Formulir

Saat mengajukan permohonan hak merek maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir secara lengkap yang telah disediakan oleh Dirjen HKI. Formulir yang harus diisi terdiri dari nama pemohon, alamat, nomor KTP, kewarganegaraan, nomor telepon, nama merek, deskripsi produk, dan lampiran.

Formulir harus ditulis dengan data yang benar serta melampirkan dokumen yang disyaratkan. Selain itu, formulir dan dokumen akan diperiksa dan Anda tinggal menunggu tahap pengumuman untuk mendapatkan sertifikat.

Jika ingin menggunakan jasa konsultasi HKI untuk membantu mengajukan permohonan di jasa pendaftaran merek, maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Akan tetapi prosesnya akan lebih mudah karena semuanya sudah diurus oleh pihak ketiga.