Langkah Membangun Bisnis Dropship Online

Langkah Membangun Bisnis Dropship Online

Dropship Shopee adalah model bisnis yang sangat populer bagi wirausahawan baru, terutama generasi Z dan milenial, karena keterampilan pemasaran internet jauh melebihi kapasitas finansial. Kamu juga tidak perlu menyimpan stok dan melakukan pengiriman, sehingga bisnis ini sangat minim modal.

Bagaimana Cara Memulai Dropship Online?

Jika kamu sudah siap memulai bisnis yang mampu bersaing dengan perusahaan ritel besar dan melakukannya dengan anggaran terbatas, ikuti enam langkah berikut:

1.     Pilih Produk

Produk yang akan kamu jual harus berfokus pada sesuatu yang benar-benar diminati atau kuasai. Karena rangkaian produk yang tidak sesuai minat dan bakat, akan membuatmu kurang semangat untuk mempromosikannya dan juga harus meluangkan banyak waktu untuk mempelajari produk tersebut.

2.     Lakukan Riset Kompetitor

Pastinya kamu akan bersaing dengan dropship lainnya, bahkan perusahaan ritel raksasa, namun jangan salah mengambil keputusan. Maksudnya, jangan malah menjual produk yang memiliki sedikit atau tidak ada pesaing, karena berarti tidak ada permintaan untuk produk tersebut. Sebaliknya, cari produk yang memiliki daya saing, karena permintaan produk tersebut tinggi dan model bisnisnya berkelanjutan.

3.     Pilih Pemasok

Bermitra dengan pemasok yang salah dapat merusak bisnis dropship kamu lho, karena itu jangan terburu-buru dalam melakukan langkah ini. Lakukan dulu uji tuntas yang tepat, baik dalam hal kecepatan respons maupun kemampuan untuk memahami satu sama lain. Jika tidak 100% yakin dengan kemampuan komunikasi pemasok potensial, sebaiknya cari pemasok lain.

4.     Buka Toko

Cara tercepat untuk memulai bisnis dropship adalah melalui e-commerce besar seperti Shopee. Berbeda dengan web yang membutuhkan pengalaman dan skill teknologi, platform Shopee termasuk lebih mudah digunakan.

5.     Buat Rencana Promosi

Memiliki produk dan toko di Shopee sudah cukup bagus, tapi tanpa pelanggan yang ingin membeli, bisnis kamu tidak akan berjalan. Salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan potensial agar melihat toko mu adalah dengan memulai promosi di media sosial, terutama Instagram. Kamu juga bisa bergabung dengan grup jual beli di Facebook atau forum lainnya yang relevan dengan produkmu.

6.     Tawarkan Diskon

Sesekali, cobalah menawarkan diskon kepada follower. Bisa dengan buy one get one free, potongan harga sekian persen hanya untuk satu hari, gratis ongkir untuk 10 pembeli pertama, dan sebagainya.

Meskipun tidak membutuhkan banyak modal, memulai bisnis dropship online tetap membutuhkan kerja keras dan beberapa teknik, agar bisnis dapat berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor. Bagi kamu yang masih awam, enam langkah di atas bisa coba dipraktekkan.