Kelebihan Menggunakan Katrol Listrik

Untuk para pengusaha di bidang industry Hanata Lifting pasti tidak akan asing lagi dengan benda bernama katrol listrik. Yaa, katrol listrik banyak sekali dijumpai di area industri, pembangunan, dll karena banyak sekali Kelebihan Menggunakan Katrol Listrik.

Pengertian Katrol Listrik

Katrol listrik merupakan alat angkat elektromagnetik yang digunakan untuk mengangkat benda-benda yang berasal dari logam.

Penggunaannya yang mudah serta efisien untuk memindahkan atau mengangkat barang menjadikan alat ini menjadi incaran banyak pekerja industri, pembangunan, dll

Apa saja kelebihan menggunakan katrol listrik?

  1. Mampu mengangkat beban berat dengan mudah

Katrol listrik dapat dengan mudah menarik atau memindahkan benda-benda logam. Apabila arus listrik di nyalakan atau dialirkan maka katrol akan menarik benda-benda logam tersebut. Apabila arus listrik dimatikan, katrol akan otomatis melepas benda-benda logam tersebut.

Oleh karena itu, para pengusaha yang hendak menggunakan katrol listrik harus belajar mengoperasionalkan katrol listrik dengan benar agar tidak menimbulkan kecelakaan.

  1. Dapat memindahkan benda dengan atau tanpa rantai

Katrol listrik dapat memindahkan benda-benda logam dengan rantai atau tanpa rantai. Kita dapat memilih spesifikasi katrol sebelum membeli dan menggunakannya. Katrol listrik ada yang menggunakan rantai, dan ada yang tidak menggunakan rantai.

Disarankan untuk menggunakan katrol listrik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Dapat memisahkan logam feromagnetik

Katrol listrik dapat memisahkan logam mana yang termasuk feromagnetik dengan logam yang bukan termasuk feromagnetik.

Logam feromagnetik adalah logam yang bisa ditarik dengan kuat oleh magnet. Contoh logam feromagnetik adalah kobalt, besi, baja, dll.

Katrol listrik akan menarik logam feromagnetik dengan kuat dan menyisakan logam-logam jenis lain, hal tersebut sangat efektif untuk memisahkan logam feromagnetik dengan logam yang bukan logam feromagnetik. Contoh logam yang bukan logam feromagnetik adalah tembaga, aluminium dan seng.

  1. Menghemat waktu dan tenaga

Menghemat waktu dan tenaga sangat bisa diperoleh dengan menggunakan katrol listrik, karena para pekerja hanya perlu mengaitkan benda pada katrol dan menurunkan/mengangkat/memindahkan benda dengan cara menekan tombol kontrol.

Akan sangat berbeda waktu dan tenaga yang dikeluarkan jika menurunkan/mengangkat/memindahkan benda dengan cara manual.

Demikian beberapa Kelebihan Menggunakan Katrol Listrik,selain dari beberapa hal diatas tentu banyak sekali manfaat lain yang bisa diperolah dengan menggunakan katrol listrik. Semoga dengan sedikit penjelasan mengenai katrol listrik diatas dapat membantu pekerjaanmu.