Fungsi Internet Download Manager yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin masih banyak yang belum tahu fungsi Internet Download Manageryang lebih kompleks. Karena pada dasarny fungsi aplikasi ini tidak hanya untuk mempercepat proses pengunduhan saja. Anda bisa memanfaatkan aplikasi IDM untuk berbagai aktivitas relevan lainnya seperti video Youtube.

Fungsi Internet Download Manager yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Fungsi Aplikasi Internet Download Manager

Ada beberapa fungsi aplikasi IDM yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui fungsinya secara detail, maka Anda bisa menggunakan aplikasi secara maksimal setelah melakukan download IDM full. Berikut ini beberapa fungsinya, di antaranya:

  1. Memaksimalkan Proses Download

Salah satu fungsi internet download manager yang pertama adalah untuk memaksimalkan proses pengunduhan file berkas data dalam bentuk apapun. Bahkan meskipun ukurannya besar sekalipun dengan proses pengunduhan beberapa hari, Anda tetap bisa mengunduhnya dengan mudah.

Aplikasi IDM ini bisa bekerja maksimal dalam proses download file dikarenakan bekerja dengan cara membagi data file yang diunduh menjadi beberapa bagian. Setelah dibagi-bagi, nanti data tersebut akan disatukan kembali saat prosesnya selesai. Proses ini dikenal sebagai multipart.

  • Melakukan Pengecekan Virus Otomatis

Fungsi IDM yang menarik lainnya adalah dapat melakukan pengecekan virus secara otomatis. Sehingga laptop dan komputer Anda akan lebih aman dan terbebas dari berbagai jenis virus yang berbahaya. Pengecekan virus dilakukans etelah file selesai diunduh.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda pun tidak perlu was-was dan khawatir lagi laptop atau komputer akan mudah rusak karena terserang virus. Selain memudahkan untuk proses pengunduhan bergam jenis file, resolusinya pun bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

  • Download Melalui Link

Jika Anda tidak bisa mengunduh file secara langsung, tak perlu khawatir karena fungsi internet download manager yang lainnya adalah memungkinkan penggunanya men-download melalui link. Hal ini untuk memudahkan pengguna yang ingin mengunduh file kapan saja.

Sehingga Anda bisa menyimpan link file unduhan tersebut terlebih dahulu sebelum diunduh menggunakan aplikasi IDM. Caranya cukup dengan membuka aplikasi lalu pilih opsi tambahkan alamat download baru secara manual dan klik OK.

  •  Melanjutkan Proses Download

Kemungkinan proses download yang tiba-tiba berhenti bisa menimpa siapa saja karena beberapa faktor. Biasanya hal ini bisa terjadi dikarenakan laptop mati, nge-hange, crash, dan koneksi internet yang tiba-tiba terputus. Proses download pun otomatis akan terhenti seketika.

Namun, Anda tak perlu khawatir lagi jika sudah memiliki aplikasi IDM pada komputer. Aplikasi ini memiliki fitur resume download sehingga memungkinkan Anda untuk melanjutkan proses pengunduhan tanpa mengulanginya lagi dari 0.

Selain fungsi internet download managersangat bermanfaat untuk kebutuhan download file, aplikasi ini juga cukup menarik. Karena sangat mudah digunakan dengan interface yang simple serta diterjemahkan ke banyak bahasa di dunia.