Cara Efektif Tingkatkan Kinerja Smartphone Ketika Bermain Game

Ketika membeli smartphone pertama kali maka kinerjanya akan baik-baik saja untuk bermain game. Akan tetapi kemampuan smartphone mulai melemah seiring berjalannya waktu. Sehingga akan mengalami banyak hambatan ketika bermain game seperti tampilan patah-patah atau lag.

Cara Tingkatkan Kinerja Smartphone Ketika Bermain Game

Kali ini saya akan membahas tentang cara mudah meningkatkan kinerja smartphone. Baik ketika digunakan untuk bermain game maupun kegiatan sehari-hari. Simak penjelasan berikut ini!

1. Hapus Cache

Dari sumbernya mobrooksforsenate.com Setiap aplikasi yang digunakan seperti game pasti akan meninggalkan cache. Kemudian jika aplikasi digunakan secara terus menerus dan tidak dibersihkan maka dapat menghambat kinerja smartphone.

Jika tidak tersedia aplikasi pembersih cache maka segera bersihkan secara manual. Masuk ke menu “Setting” dan klik aplikasi yang hendak dihapus cachenya. Jika data yang tersedia terlalu besar maka segera hapus dengan tekan menu “Clear data” atau hapus data.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Biarkan ruang penyimpanan di dalam smartphone menjadi lebih luas dengan cara menghapus aplikasi. Akan tetapi sebelum menghapus atau uninstall aplikasi maka harus pastikan tidak ada lagi dokumen atau file penting.

3. Update Game Secara Rutin

Ketika ruang penyimpanan lebih luas dibandingkan sebelumnya namun masih mengalami lag ketika bermain game. Maka bisa jadi game tersebut belum diupdate. Segera update game agar dapat kembali dimainkan seperti sebelumnya.

4. Perhatikan Jaringan internet

Gunakan jaringan internet yang kuat seperti 4G atau Wifi. Jaringan internet memang sangat diperlukan terutama jika game yang dimainkan adalah game online.

5. Nonaktifkan Aplikasi Lain

Ketika sedang bermain game maka sebaiknya tutup aplikasi yang sedang digunakan. Sehingga RAM smartphone tidak perlu bekerja ekstra. Kemudian pastikan pula baterai dalam kondisi prima untuk menghindari penurunan kinerja smartphone.

6. Istirahatkan Smartphone

Jika Smartphone tetap mengalami lag, maka coba untuk akhiri game yang sedang dimainkan. Kemudian diamkan ponsel setidaknya selama 10 menit dan coba mainkan kembali.

Ketika ruang penyimpanan menjadi lebih luas maka kini saatnya untuk menambahkan koleksi game lainnya. Kunjungi playstore untuk mengetahui beragam informasi tentang teknologi dan aneka koleksi game. Kemudian unduh game pilihan dan segera mainkan di waktu senggang.